Berikut ini saya kembali mengupload contoh RPP Kimia yang saya buat, semoga dapat membantu teman-teman dalam memudahkan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, semoga bermanfaat.. SEMANGAT!!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA Negeri … Maumere
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/I
Tema
Pelajaran : Ester
Alokasi
Waktu : 4 x 45 Menit (2 x
pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
KI
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikaor Pencapaian KD
|
KI 1
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat kologatif
larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
1. Mengucapkan salam
ketika memasuki ruangan kelas
2. Meningkatkan rasa
syukur kepada Allah YME
|
KI 2
|
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran,
cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
1. menunjukkan perilaku
kerjasama
2. menunjukkan sikap
peduli lingkungan
|
KI
3
|
3.10 Mendeskripsikan struktur, tata nama, sifat
dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanol,
alkanon dan alkil alkanoat
|
1. menjelaskan tata nama
alkil alkanoat
2. menjelaskan sifat alkil
alkanoat
3. menjelaskan kegunaan/manfaat
senyawa karbon alkil alkanoat
|
KI 4
|
4.10 Menalar
dan menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon dan
alkil alkanoat.
|
1. terampil dalam melakukan percobaan reaksi
esterifikasi
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
-
Melalui diskusi
kelas, siswa dapat menjelaskan tata nama, sifat kegunaan senyawa alkil alkanoat
dengan benar
-
Melalui kegiatan
praktikum siswa dapat terampil dalam melakukan percobaan reaksi esterifikasi
dan menghubungkan sifat ester sebagai manfaat dalam kehidupan sehari-hari serta
meningkatkan kerjasama dan sikap peduli sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan
YME.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
-
Rumus
dan Struktur Ester
-
Tatanama Ester
-
Sifat Ester
-
Kegunaan ester
dalam kehidupan sehari-hari
Rumus
Umum dan Struktur Ester
(–OH) dengan gugus –OR1. Sehingga senyawa alkil alkanoat mempunyai rumus umum:R-COOR1
R dan R1 merupakan gugus alkil alkanoat
Gambar 1. Rumus umum Ester
Tata
Nama
Rumus
Struktur
|
Nama IUPAC
|
CH3–COOCH3
CH3–COOCH2CH3
CH3-CH2-COO-CH2-CH3
CH3-CH2-COO-CH2CH2CH3
|
Metil etanoat
Etil
etanoat
Etil propanoat
Propil propanoat
|
Sifat-
sifat Alkil Alkanoat
Senyawa-senyawa ester antara
lain mempunyai sifat-sifat berikut;
a.
pada umumnya mempunyai
bau yang harum, menyerupai bau buah-buahan
b.
senyawa ester
pada umumnya sedikit larut dalam air
c.
ester lebih
mudah menguap dibandingkan dengan asam atau alkohol pembentuknya
d.
ester merupakan
senyawa karbon yang netral
e.
ester mengalami
reaksi hidrolisis
f.
ester dapat
direduksi dengan H2 menggunakan katalisaotr Ni dan dihasilkan bauh
senyawa alkohol
Contoh :
R–C OOR1 + 2 H2 → R–CH2–OH + R1–OH
Ester Alkohol Alkohol
R–C OOR1 + 2 H2 → R–CH2–OH + R1–OH
Ester Alkohol Alkohol
h. ester
khususnya minyak atau lemak bereaksi dengan basa membentuk garam (sabun) dan
gliserol. Reaksi ini dekenal dengan safonifikasi/penyabunan.
4. Kegunaan Ester
Ester banyak digunakan dalam
kehidupan sehari-hari:
1.
Amil asetat
banyak digunakan sebagai pelarut untuk dammar dan lak
2.
Esterifikasi etilen
glikol dengan asam benzen
1.4 dikarboksilat menghasilkan poliester
yang digunakan sebagai bahan pembuat kain.
yang digunakan sebagai bahan pembuat kain.
3.
Karena baunya yang
sedap maka ester banyak digunakan sebagai essence pada makanan
antara lain :
Tabel Contoh Aroma Senyawa Ester
antara lain :
Tabel Contoh Aroma Senyawa Ester
Rumus
Struktur
|
Jenis
Ester
|
Aroma
|
CH3COOC5H11
|
Amil
Asetat
|
Buah
Pisang
|
C4H9COOC5H11
|
Amil
Valerat
|
Buah Apel
|
C3H7COOC5H11
C3H7COOC4H9
|
Amil
Butirat
Buti
Butirat
|
Buah Jambu
Buah Nanas
|
C3H7COOC3H7
|
Propil
Butirat
|
Buah
Mangga
|
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Metode : Diskusi informasi, penugasan
Model Pembelajaran :
Kooperatif
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
KE-1
Langkah-langkah
kegiatan
Pendahuluan
(10 menit)
|
Kegiatan
Inti
(70 menit)
|
Penutup
(10 menit)
|
1.
Siswa berdoa dan memberi salam. (Nilai karakter: religius)
2.
Siswa
mendengarkan guru mengenai tujuan pelajaran yang ingin dicapai. (Nilai karakter: rasa ingin tahu).
3.
Appersepsi:
Mengulas/mengaitkan materi
sebelumnya mengenai tata nama asam karboksilat.
-
Guru
menanyakan struktur asam karboksilat (salah satu siswa menuliskan dipapan
tulis)
|
1.
Siswa
memperhatikan guru yang menunjukkan molimod salah satu senyawa karboksilat
dan ester
2.
Siswa
membandingkan senyawa asam karboksilat dan ester
3.
Siswa
menentukan sendiri rumus molekul/senyawa ester
4.
Siswa mendengarkan
dengan seksama nama dari senyawa ester tersebut dan selanjutnnya siswa diminta
mendiskusikan tata nama ester dengan membandingkan tata nama dari asam
karboksilat
5.
Guru
memberikan beberapa latihan soal
6.
Siswa
mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru
7.
Peserta
didik yang lebih mengerti membantu anggota kelompoknya yang belum mengerti
sehingga mengerti. (Nilai karakter:
jujur, kerjasama, toleransi)
8.
Setiap
kelompok membahas soal-soal tugasnya didepan kelas dan menjelaskan ke
kelompok lain.(Nilai karakter: jujur,
kerjasama, toleransi)
9.
Guru
menyediakan dua senyawa ester yaitu larutan etil asetat dan amil asetat dan
meminta salah seorang perwakilan kelompok untuk mencium bau khas pada kedua
larutan tersebut sebelumnya guru menjelaskan cara mencium bau suatu larutan
dengan benar.
10. Guru meminta siswa membuat/menunjukkan bentuk
senyawa dari salah satu asam karboksilat dan ester
11. Guru dan siswa bersama-sama mendiskusikan sifat
fisika dan kimia senyawa ester dari demostrasi yang telah dilakukan
sebelumnya
12. Guru menguatkan jawaban siswa
|
1.
Siswa dibimbing guru melalui tanya jawab memberikan
kesimpulan dari materi pembelajaran ini.
Guru
mengulangi kesimpulan/ merangkum kesimpulan yang ada.
Guru memberikan tugas yang akan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
2.
Guru menutup
pelajaran dengan mengambil hikmah
dari materi yang dipelajari.
|
PERTEMUAN
KE-2
Langkah-langkah
Kegiatan
|
||
Pendahuluan
(10 menit)
|
Kegiatan
Inti
(65 menit)
|
Penutup
(15 menit)
|
1.
Siswa berdoa dan memberi salam. (Nilai karakter: religius)
2.
Guru memotivasi siswa:
-
Siswa
mendengarkan guru mengenai tujuan pelajaran yang ingin dicapai. (Nilai karakter: rasa ingin tahu).
-
Siswa
diajak oleh guru bersama-sama mencari manfaat dari mempelajari materi ester dalam
kehidupan sehari-hari.
3. Appersepsi:
-
Setelah
siswa mengetahui beberapa produk yang dihasilkan dari senyawa ester, guru
menanyakan kepada siswa mengapa beberapa produk itu mengandung senyawa ester?
(selanjutnnya diarahkan melakukan praktikum mengenai pembuatan ester untuk
mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut)
|
1.
Siswa
duduk dalam kelompoknya
2.
Siswa diberikan
lembar kerja siswa
3.
Siswa
mendengarkan petunjuk praktikum yang disampaikan oleh guru
4.
Siswa
mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan
5.
Siswa
mengerjakan praktikum sesuai dengan cara kerja yang telah disediakan di LKS.
6.
Siswa
mengerjakan pertanyaan yang terdapat dalam LKS
7.
Siswa
mendiskusikan hasil praktikum sesuai data yang diperoleh dan menjawab
pertanyaan LKS yang diberikan
8.
Guru
menguatkan jawaban siswa
|
1.
Siswa
menjawab pertanyaan appersepsi yang diberikan guru sebelumnya. Guru
memberikan penguatan atas jawaban yang ada.
2.
Siswa
memberikan kesimpulan yang diperolehnya selama proses pembelajaran
berlangsung.
3.
Guru menutup
pelajaran dengan mengambil hikmah
dari materi yang dipelajari.
|
G. ALAT, MEDIA DAN SUMBER
BELAJAR
Alat dan Bahan : Tabung Reaksi, gelas kimia, thermometer,
larutan Etanol, Metanol, asam asetat, asam sulfat, asam salisilat, air,
molimod, larutan etil asetat dan isoamil asetat, Whiteboard.
Media : LKS, Slide power point
Sumber Belajar :
Sukmawanati, Wening. 2009. Kimia 3 untuk
SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Sekawan Cipta Karya
Sunardi.
2008. Kimia Billingual untuk SMA/MA Kelas
XII. Bandung: Yama Widya
Suyatno,
dkk. 2007.Kimia untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Grasindo
H. PENILAIAN
No
|
Aspek
|
Mekanisme dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
Spiritual
|
-
Non Tes
|
-
Lembar Observasi
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Penugasan Tes Tertulis
|
-
Soal Penugasan
(Tes
Pilihan Ganda)
-
Rubrik Penilaian
|
|
3.
|
Sikap
Sosial
|
-
Observasi Kelompok
|
-
Lembar Observasi
|
|
4.
|
Ketrampilan
|
-
Penilaian Kinerja
-
Laporan Praktikum
|
-
Lembar Observasi
-
Rubrik Penilaian
|
|
1.
Penilaian
Sikap Spiritual
a.
Instrumen Penilaian Spiritual
Petunjuk:
Lembar
ini diisi guru untuk menilai sikap peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada
kolom skor sesuai dengan sikap spiritual yang ditunjukkan oleh peserta didik,
dengan criteria sebagai berikut:
1.
Kurang, apabila peserta didik tidak pernah melakukan
2.
Cukup, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan
3.
Baik, apabila peserta didik sering melakukan
4.
Sangat baik, apabila peserta didik selalu melakukan.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Mengucapkan
salam ketika memasuki ruangan kelas
|
|
|
|
|
|
2
|
Meningkatkan
rasa syukur kepada Tuhan atas ilmu pengetahuan yang diberikan
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik Penilaian Spiritual
No
|
Aspek Spiritual
|
|
|
|
|
Keterangan
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
Mengucapkan salam ketika memasuki ruang kelas
|
Siswa tidak mengucapkan salam
|
Siswa jarang mengucapkan salam
|
Siswa mengucapkan salam tidak sepenuh hati
|
Siswa mengucapkan salam dengan sepenuh hati
|
|
2
|
Meningkatkan
rasa syukur kepada Tuhan atas ilmu pengetahuan yang telah diberikan
|
Siswa
tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran
|
Siswa kurang antusias dalam mengikuti
pembelajaran
|
Siswa cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran
|
Siswa sangat antusias dalam mengikuti
pembelajarn
|
|
2.
Penilaian Kognitif
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Aspek Kognitif
|
Indikator Soal
|
Soal
|
Skor
|
1
|
Menganalis struktur, tata
nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon alkil alkanoat
|
Rumus senyawa Ester
|
C3
|
Menentukan rumus molekul
suatu
|
.
Pasangan isomer di
bawah ini yang mungkin untuk menyatakan senyawa dengan rumus
molekul C3H6O2 adalah..............
a. alkohol dan eter
b. asam alkanoat dan ester
c. eter dan alkanon
d. aldehid dan keton
e. eter dan ester
|
1
|
2
|
Reaksi Ester
|
C2
|
Menyebutkan reaksi yang
terjadi jika hasil suatu produk diketahui
|
Reaksi yang dapat digunakan
untuk memperoleh gliserol dari lemak adalah…
a. Esterifikasi
b. Netralisasi
c. Reduksi
d. Oksidasi
e. hidrolisis
|
1
|
|
3
|
Manfaat/ kegunaan ester
|
C2
|
Menjelaskan manfaat ester
dalam kehidupan
|
. B
Berikut ini merupakan salah satu
bentuk penggunaan ester , yaitu ............
a. sebagai pembersih cat kuku
b. sebagai pelarut cat
dan perekat
c. sebagai pengawet mayat
d. sebagai bahan minuman
e. sebagai pengawet preparat
biologi
|
1
|
|
4
|
Hidrolisis Ester
|
C4
|
Menguraikan reaksi
hidrolisis metil etanoat
|
Metil etanoat jika dihidrolisis
menghasilkan...........
a. asam metanoat dan metanol
b. asam metanoat dan etanol
c. asam asetat dan propanol
d. asam asetat dan
metanol
e. asam asetat dan etanol
Hasil samping dari industri sabun
yang banyak digunakan dalam dunia kosmetik dan sebagai pemanis pada obat
batuk adalah…
a.
etanol
b.
glikol
c.
gliserol
d. glukosa
e.
maltosa
|
1
|
|
|
|
Penggolongan ester
|
C2
|
|
Berikut ini tergolong ester,
kecuali…
A a. essen
b.
lilin
c.
lemak
d. minyak
e.
steroid
|
1
|
Total
Nilai
|
||||||
Nilai
=
|
3. Aspek Sikap
Sosial
a.
Instrument penilaian sikap sosial
No
|
Nama
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Skor
total
|
|||||||||||||||
Praktikum
|
Diskusi
|
Presentasi Kelas
|
||||||||||||||||
Disiplin
|
Peduli Lingkungan
|
Partisipasi siswa dalam kelompok
|
Percaya diri
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Rubrik Penilaian
Indikator
sikap disiplin adalah sebagai berikut:
1.
Datang tepat
waktu
2.
Patuh pada tata
tertib selama praktikum
3.
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas/laporan sesuai dengan waktu yang ditentukan
4.
Mengikuti
kegiatan selama praktikum hingga akhir
Indikator
sikap Peduli Lingkungan:
1. Membuang sisa penggunaan zat ada tempatnya
2. Mencuci alat-alat praktikum hingga bersih pada
wastafel
3. Mengeringkan alat-alat praktikum hingga kering
4. Merapikan/membereskan meja, kursi setelah selesai praktikum
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
Kriteria / deskriptor
|
Disiplin
|
4
|
Jika siswa memenuhi keempat kriteria indikator
|
3
|
Jika siswa memenuhi ketiga kriteria indikator
|
|
2
|
Jika siswa memenuhi kedua kriteria indikator
|
|
1
|
Jika siswa hanya memenuhi satu kriteria indikator
|
|
Peduli Lingkungan
|
4
|
Jika siswa memenuhi keempat kriteria indikator
|
3
|
Jika siswa memenuhi ketiga kriteria indikator
|
|
2
|
Jika siswa memenuhi kedua kriteria indikator
|
|
1
|
Jika siswa hanya memenuhi satu kriteria indikator
|
|
Partisipasi siswa dalam kelompok
|
4
|
Siswa aktif menyumbangkan idenya dan mampu
memberikan solusi permasalahan yang dihadapi serta menyampaikannya secara
jelas dan mudah dipahami
|
3
|
Siswa aktif menyumbangkan idenya dan mampu
memberikan solusi permasalahan yang dihadapi namun kurang jelas dan dipahami
|
|
2
|
Siswa menyumbangkan idenya namun terlihat kurang
percaya diri
|
|
1
|
Siswa pasif dan tidak menyumbangkan ide dalam
kelompok
|
|
Percaya diri dalam menyampaikan
presentasi
|
4
|
Siswa menyampaikan presentasi dengan antusias, komunikatif, dan
interaktif serta membuat presentasi
menjadi menyenangkan
|
3
|
Siswa tampil dengan baik dan komunikatif serta berinteraksi dengan
semua siswa
|
|
2
|
Siswa mau tampil namun kurang komunikatif dengan siswa-siswa lainnya
|
|
1
|
Siswa terlihat gugup dan takut berbicara selama presentasi
|
KETERANGAN
RENTANG NILAI KRITERIA HURUF
MUTU
8 Sangat Baik A
6-7 Baik B
4-5 Cukup C
2-3 Kurang D
Jakarta,
19 Juni 2014
Mengetahui
Waka Kurikulum Guru
Bidang Studi
(……………….) (Maria
Eka Putri Y.N, S.Pd)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar