RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA Negeri … Maumere
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/I
Tema
Pelajaran :
Penentuan/Perkiraan pH Larutan
Alokasi
Waktu : 2 x 45 Menit (1 x
pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
KI
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian KD
|
KI 1
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat
hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
1. Mengucapkan salam
ketika memasuki ruangan kelas
2. Meningkatkan rasa
syukur kepada Allah YME
|
KI 2
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini,
ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran,
cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
1. menunjukkan sikap
disiplin dalam melaksanakan praktikum perkiraan menentukan pH larutan
2. menunjukkan sikap
peduli lingkungan selama melaksanakan praktikum perkiraan menentukan pH
larutan
|
KI
3
|
3.10 Menganalisis
sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/ atau pH larutan
(Fokus:
Penentuan pH larutan menggunakan beberapa
Indikator kimia)
|
1. Menguraikan beberapa pH
larutan
2. Menelaah trayek pH beberapa indikator
|
KI 4
|
4.10 Mengajukan ide gagasan tentang penggunaan
indikator yang tepat untuk menentukan asam/basa atau titrasi asam/basa
|
Siswa dapat memperkirakan pH suatu larutan
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Melalui
percobaan praktikum, siswa dapat menentukan
perkiraan pH beberapa larutan dan mengetahui penggunaan indikator dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
- Indikator
asam basa
- Trayek perubahan warna beberapa indikator
Indikator
adalah suatu senyawa kompleks yang dapat bereaksi dengan asam dan basa. Dengan
indikator, kita dapat mengetahui suatu zat bersifat asam dan basa. Indikator
juga dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kekuatan suatu asam atau basa.
Beberapa indikator terbuat dari zat warna alami tanaman, tetapi ada juga
beberapa indikator yang dibuat secara sintesis di laboratorium. Indikator yang
sering tersedia di laboratorium adalah kertas lakmus karena praktis dan
harganya murah. Kita
mengenal dua jenis kertas lakmus, yaitu lakmus merah dan biru. Pada larutan
asam, kertas lakmus selalu berwarna merah, sedangkan dalam larutan basa kertas
lakmus selalu berwarna biru. Jadi, larutan asam akan mengubah kertas lakmus
warna biru menjadi merah dan larutan basa akan mengubah warna lakmus merah
menjadi biru.
Berikut adalah indikator pH
yang sering kita gunakan di laboratorium. Indikator tersebut menunjukkan
perubahan warna lerutan pada rentang pH tertentu.
No
|
Nama
Indikator
|
Perubahan
Warna
|
Range
PH
|
|
Dari
|
Ke
|
|||
1
|
Timol
Biru
|
Merah
|
Kuning
|
1,2
– 2,8
|
2
|
2,6
Dinitrofenol
|
Tak
berwarna
|
Kuning
|
2,0
– 4,0
|
3
|
Metil
kuning
|
Merah
|
Kuning
|
2,9
– 4,0
|
4
|
Bromofenol
biru
|
Kuning
|
Biru
|
3,0
– 4,6
|
5
|
Metil
jingga
|
Merah
|
Kuning
|
3,1
– 4,4
|
6
|
Bromkresol
hijau
|
Kuning
|
Biru
|
3,8
– 5,4
|
7
|
Metil
merah
|
Merah
|
Kuning
|
4,2
– 6,3
|
8
|
Lakmus
|
Merah
|
Biru
|
5,0
– 8,0
|
9
|
Metil
ungu
|
Ungu
|
Hijau
|
4,8
– 5,4
|
10
|
p-Nitrofenol
|
Tak
berwarna
|
Kuning
|
5,6
– 7,6
|
11
|
Bromtimol
biru
|
Kuning
|
Biru
|
6,0
– 7,6
|
12
|
Fenol
merah
|
Kuning
|
Biru
|
6,8
– 8,4
|
13
|
Fenolftalein
|
Tak
berwarna
|
Merah
|
8,3
– 10,0
|
14
|
Timolftalein
|
Tak
berwarna
|
Biru
|
9,3
– 10,6
|
15
|
Alizarien
kuning R
|
Kuning
|
Violet
|
10,1
– 12,0
|
16
|
1,3,5-Trinitrobenzena
|
Tak
berwarna
|
Orange
|
12,0
– 14,0
|
Salah satu indikator yang memiliki tingkat kepercayaan yang baik adalah indikator universal. Indikator universal adalah indicator yang terdiri atas berbagai macam indikator yang memiliki warna berbeda untuk setiap nilai pH 1-14. Indikator universal ada yang berupa larutan dan ada juga yang berupa kertas. Paket indikator universal tersebut selalu dilengkapi dengan warna standar untuk pH 1-14. Dalam suatu larutan,konsentrasi ion hidrogen , [H+], lebih banyak dinyatakan dalam bentuk negatif logaritma konsentrasi ion hidrogen yang dikenal dengan PH larutan.pH=-log[H+] (Henderson-Hasselbalch equation,1999)
Indikator pH merupakan zat (suatu asam atau basa lemah) yang
akan berubah warna pada kisaran tertentu. Kisaran pH yang menyebabkan indikator
berubah warna disebut trayek pH. Kisaran pH yang menyebabkan indikator berubah
warna disebut trayek pH. Apabila:
1.
pH < trayek pH
(dibawah trayek pH) maka indikator akan menunjukkan warna asamnya
2.
pH> trayek pH
(diatas trayek pH) maka indikator akan menunjukkan warna basa.
contoh
indikator: biru bromtimol (pH 6,0-7,6), merah merah (3,2-4,4), kuning alizarin
(10,1-12,0)
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Scientific
Metode :
Eksperimen, diskusi informasi, penugasan
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
KE-…
PRAKTIKUM PERKIRAAN pH LARUTAN
Langkah-langkah
Kegiatan
|
||
Pendahuluan
(10 menit)
|
Kegiatan
Inti
(65 menit)
|
Penutup
(15 menit)
|
1.
Siswa berdoa
2.
Siswa melakukan ice
breaking untuk memfokuskan siswa pada kegiatan pembelajaran
3.
Siswa diperkenalkan melihat beberapa jenis indikator kimia
4.
Appersepsi:
- Bagaimanakah cara menentukan suatu larutan bersifat
asam, basa atau netral?
-
Bagaimana
cara menentukan pH suatu larutan?
5.
Siswa
mendengarkan guru mengenai tujuan pelajaran yang ingin dicapai
|
1.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru
mengenai perubahan trayek pH beberapa indikator dan
mengamati chart trayek pH larutan yang telah disediakan guru.
2.
Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam
praktikum penentuan pH
3.
Siswa
melaksanakan praktikum sesuai dengan bagan kerja
4.
Guru
berkeliling memantau, memberikan bimbingan, dan memberikan
pertanyaan-pertanyaan tentang perubahan warna larutan dengan larutan
indikator yang berbeda-beda juga memberikan dorongan dan bantuan (bagi siswa
yang kurang aktif) bila diperlukan ketika siswa mengerjakan praktikum
dikelompoknya
5.
Siswa
melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan dengan berbagai
indikator
6.
Siswa
mengamati dan menuliskan data hasil percobaan sesuai pengamatan
7.
Siswa
membahas dan menjawab pertanyaan dalam lembar lks bersama kelompoknya.
8.
Siswa dan
guru secara bersama-sama mendiskusikan data hasil praktikum
|
1.
Siswa dibimbing guru melalui tanya jawab memberikan
kesimpulan selama praktikum berlangsung
2.
Guru memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya yaitu memberikan pekerjaan rumah
berupa laporan praktikum dan mengingatkan untuk membaca kembali materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya
3.
Guru menutup
pelajaran dengan mengambil hikmah
dari materi yang dipelajari.
|
G. ALAT, MEDIA DAN SUMBER
BELAJAR
Alat : Tabung reaksi, Plat Tetes, Pipet tetes, Rak
tabung reaksi, Larutan NaCl, CH3COOH, NaOH, HCl, Air detergen, Air
jeruk, Spidol, Whiteboard,
Media : LKS,
Chart trayek pH beberapa indikator,
Sumber Belajar :
Buku Pegangan Kimia Jilid 2
ilmakribo.wordpress/2013/02/27/laporan-percobaan-kimia-asam-dan-basa/
Kimia SMA/MA Kelas XI (Diknas) Hal
159-160. www.books.google.co.id
http://agung-izzulhaq.blogspot.com/2014/02/laporan-kimia-menentukan-ph-larutan_8.html
Kimia
Dasar. Konsep-Konsep Kimia Inti. Jilid 2. Raymond Chang. Hal. 142-145
H. PENILAIAN
No
|
Aspek
|
Mekanisme dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
Spiritual
|
-
Non Tes
|
-
Lembar Observasi
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Penugasan Tes Tertulis
|
-
Soal Penugasan
(Tes
Pilihan Ganda)
-
Rubrik Penilaian
|
|
3.
|
Sikap
Sosial
|
-
Observasi Kelompok
|
-
Lembar Observasi
|
|
4.
|
Ketrampilan
|
-
Penilaian Kinerja
-
Laporan Praktikum
|
-
Lembar Observasi
-
Rubrik Penilaian
|
|
1.
Penilaian Sikap Spiritual
a. Instrumen Penilaian Spiritual
Petunjuk:
Lembar
ini diisi guru untuk menilai sikap peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada
kolom skor sesuai dengan sikap spiritual yang ditunjukkan oleh peserta didik,
dengan criteria sebagai berikut:
1.
Kurang, apabila peserta didik tidak pernah melakukan
2.
Cukup, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan
3.
Baik, apabila peserta didik sering melakukan
4.
Sangat baik, apabila peserta didik selalu melakukan.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Mengucapkan
salam ketika memasuki ruangan kelas
|
|
|
|
|
|
2
|
Meningkatkan
rasa syukur kepada Tuhan atas ilmu pengetahuan yang diberikan
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik Penilaian Spiritual
No
|
Aspek Spiritual
|
|
|
|
|
Keterangan
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
Mengucapkan salam ketika memasuki ruang kelas
|
Siswa tidak mengucapkan salam
|
Siswa jarang mengucapkan salam
|
Siswa mengucapkan salam tidak sepenuh hati
|
Siswa mengucapkan salam dengan sepenuh hati
|
|
2
|
Meningkatkan
rasa syukur kepada Tuhan atas ilmu pengetahuan yang telah diberikan
|
Siswa
tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran
|
Siswa kurang antusias dalam mengikuti
pembelajaran
|
Siswa cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran
|
Siswa sangat antusias dalam mengikuti
pembelajarn
|
|
2.
Penilaian Kognitif
No
|
Indikator
|
Contoh
Soal
|
Skor
|
|||||||||||||||
1
|
Memperkirakan pH suatu larutan
|
Suatu larutan ketika diberi indikator
kuning alizarin (trayek pH 10,1-12,0 warna asam kuning dan warna basa merah)
menunjukkan warna jingga kemerahan maka pH larutan tersebut adalah…
Kunci
jawaban : D
Warna jingga
artinya campuran warna keduanya (asam dan basa)
maka pH= (10,1 + 12,0)/2 =11,05
warna jingga
kemerahan artinya trayek pH mendekati warna basa (di atas trayek
pH=12,0)
sehingga pH
larutan = 11,05-12,0
|
1
|
|||||||||||||||
2
|
|
Suatu larutan ketika diberi indikator merah metil (trayek
pH 3,2-4,4 , warna asam merah dan warna basa kuning) menunjukkan warna jingga
kemerahan maka pH larutan tersebut adalah…
A.
<3,2
B.
3,2-3,8
C.
3,8
D.
3,8-4,4
E.
>4,4
Kunci jawaban: B
Warna jingga
artinya campuran warna keduanya (asam dan basa) maka pH= (3,2 + 4,4)/2 =3,8
warna jingga
kemerahan artinya trayek pH mendekati warna asam (di bawah trayek
pH=3,2)
sehingga pH
larutan = 3,2-3,8
|
1
|
|||||||||||||||
3
|
|
Dari beberapa indikator:
Suatu sampel air sungai diuji pH dengan ditetesi
beberapa indikator:
-
Dengan metal jingga
berwarna jingga
-
Dengan bromtimol biru
berwarna biru
-
Dengan metil merah
berwarna kuning
-
Dengan PP tak berwarna
Maka pH air
sungai diperkirakan…
a.
3,1< pH < 7,6 d. 5,4 < pH 6,0
b.
4,4 < pH < 7,6 e. 7,6 < pH < 8,3
c.
6,0 < pH < 8,3
Kunci
jawaban: E
Dengan metil
jingga berwarna jingga, maka pH>4,4
Dengan metil
merah berwarna kuning, maka pH>6,2
Dengan bromtimol
biru berwarna biru, maka pH>7,6
Dengan PP tak
berwarna, maka pH<8,3
sehingga pH
larutan = 7,6 < pH < 8,3
|
1
|
|||||||||||||||
4
|
|
Suatu larutan
ketika diberi indikator merah metil (trayek pH 3,2-4,4 , warna asam merah dan
warna basa kuning) menunjukkan warna jingga kemerahan maka pH larutan
tersebut adalah…
A.
<3,2
B.
3,2-3,8
C.
3,8
D.
3,8-4,4
E.
>4,4
Kunci jawaban: B
warna jingga
artinya campuran warna keduanya (asam dan basa) maka pH= (3,2 + 4,4)/2 =3,8
warna jingga
kemerahan artinya trayek pH mendekati warna asam (di bawah trayek
pH=3,2)
sehingga pH
larutan = 3,2-3,8
|
1
|
|||||||||||||||
Skor yang diperoleh
|
|
|||||||||||||||||
Nilai
= Skor yang diperoleh x 100
4
|
|
3. Aspek Sikap
Sosial
a. Instrument penilaian sikap sosial
No
|
Nama
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Skor
total
|
|||||||
Disiplin
|
Peduli Lingkungan
|
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Rubrik Penilaian
Indikator
sikap disiplin adalah sebagai berikut:
1.
Datang tepat
waktu
2.
Patuh pada tata
tertib selama praktikum
3.
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas/laporan sesuai dengan waktu yang ditentukan
4.
Mengikuti
kegiatan selama praktikum hingga akhir
Indikator
sikap Peduli Lingkungan:
1. Membuang sisa penggunaan zat ada tempatnya
2. Mencuci alat-alat praktikum hingga bersih pada
wastafel
3. Mengeringkan alat-alat praktikum hingga kering
4. Merapikan/membereskan meja, kursi setelah selesai
praktikum
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
Kriteria / deskriptor
|
Disiplin
|
4
|
Jika siswa memenuhi keempat kriteria indikator
|
3
|
Jika siswa memenuhi ketiga kriteria indikator
|
|
2
|
Jika siswa memenuhi kedua kriteria indikator
|
|
1
|
Jika siswa hanya memenuhi satu kriteria indikator
|
|
Peduli Lingkungan
|
4
|
Jika siswa memenuhi keempat kriteria indikator
|
3
|
Jika siswa memenuhi ketiga kriteria indikator
|
|
2
|
Jika siswa memenuhi kedua kriteria indikator
|
|
1
|
Jika siswa hanya memenuhi satu kriteria indikator
|
KETERANGAN
RENTANG NILAI KRITERIA HURUF
MUTU
8 Sangat Baik A
6-7 Baik B
4-5 Cukup C
2-3 Kurang D
4. Aspek Keterampilan (
Psikomotorik )
No
|
Nama
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
|||||||||||||||||
Sistematika langkah-langkah pengerjaan
|
Mengamati peristiwa yang terjadi
selama reaksi berlangsung
|
Keterampilan penggunaan
alat-alat praktikum
|
Memaparkan hasil kegiatan praktikum
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|||||||||||||||||
Rubrik
Penilaian
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
Kriteria / deskriptor
|
Sistematika langkah-langkah pengerjaan
|
4
|
Siswa melakukan percobaan sesuai prosedur dan
melakukannya sesuai urutan dan hasil yang diperoleh sesuai yang diharapkan
|
3
|
Siswa melakukan percobaan sesuai prosedur dan
melakukannya sesuai urutan namun hasil yang diharapkan belum sesuai
|
|
2
|
Siswa melakukan percobaan sesuai prosedur namun
tidak secara urut
|
|
1
|
Siswa malakukan percobaan tidak sesuai prosedur
yang diberikan
|
|
Mengamati peristiwa yang terjadi
selama reaksi berlangsung
|
4
|
Siswa mengamati reaksi dengan teliti dan semua peristiwa teramati
dengan baik
|
3
|
Siswa mengamati reaksi dengan kurang teliti, hanya sebagian peristiwa
yang teramati
|
|
2
|
Siswa hanya melihat reaksi berlangsung namun tidak ada hasil
pengamatan
|
|
1
|
Siswa tidak mengamati peristiwa yang
terjadi selama reaksi berlangsung tetapi justru melakukan aktivitas
lainnya.
|
|
Keterampilan penggunaan alat-alat
praktikum
|
4
|
Siswa menggunakan alat yang sesuai
dan benar dalam cara menggunakannya serta teliti dalam pembacaan skala alat,
kalibrasi alat dan juga meniskus alat
|
3
|
Siswa menggunakan alat yang sesuai
dan benar dalam cara menggunakannya namun tidak teliti dalam pembacaan skala alat,
kalibrasi alat dan juga meniskus alat
|
|
2
|
Siswa menggunakan alat yang sesuai dengan fungsinya namun masih
kurang tepat dengan cara penggunaannya
|
|
1
|
Siswa menggunakan alat tidak sesuai dan tidak tepat dengan fungsinya
|
|
Memaparkan hasil kegiatan praktikum
|
4
|
Siswa tampil dengan baik dan komunikatif serta berinteraksi dengan
semua siswa
|
3
|
Siswa tampil dengan baik dan komunikatif namun kurang
berinteraksi dengan semua siswa
|
|
2
|
Siswa mau tampil namun kurang komunikatif dengan siswa-siswa lainnya
|
|
1
|
Siswa terlihat gugup dan tidak mau berbicara selama presentasi
|
KETERANGAN
RENTANG NILAI KRITERIA HURUF
MUTU
13-16 Sangat
Baik A
10-12 Baik B
7-9 Cukup C
4-6 Kurang D
TUGAS TERSTRUKTUR
Laporan Praktikum
·
Format
Penilaian Laporan Praktikum
Nama
Siswa :
Sistematika
Laporan
|
Bobot
Skor
|
Skor
yang diperoleh
|
Judul
|
1
|
|
Tujuan
|
1
|
|
Alat
dan Bahan
|
2
|
|
Langkah
Kerja
|
4
|
|
Data Pengamatan
|
4
|
|
Analisa Data
|
8
|
|
Pembahasan
|
12
|
|
Kesimpulan
|
8
|
|
Jawaban pertanyaan
|
8
|
|
Daftar Pustaka
|
2
|
|
Total Skor
|
50
|
|
Nilai
= Skor yang diperoleh x 100
50
|
Jakarta,
19 Mei 2014
Mengetahui
Waka Kurikulum Guru
Bidang Studi
(……………….) (Maria
Eka Putri Y.N, S.Pd)
izin bu maria, untuk menggunakan RPP nya...terima kasih
BalasHapus